April 06 2015 0Comment

Kotak-kado is a must.

Kotak kado is a must.

Pada suatu hari terjadilah diskusi antara dua orang pedagang. Mereka berdua adalah pedagang dengan produk yang sama. Kebetulan mereka sama pedagang grosiran.

Sebutlah seorang pedagang MiL dan K

     Mil :  Gimana jualanmu hari ini K?

     K    :  Alhamdulillah jualan ada Mil, Ada beberapa barang sudah dikirim. Kamu gimana?

     Mil :  Alhamdulillah belum keluar hari ini barangku, tadi ada yg tawar dagangan engga saya lepas nawarnya, g kuat.

     K     : Oo, yang dari Jatim bukan? Yang beli baju 5lusin?

     Mil :  iya betul.

     K    :  ini barangnya saya lagi paking. (sambil membuka paking karung)

     Mil : lah ini sama, barangnya sama dengan yg dipilihnya tadi ditoko saya. Udah pilih pilih. Kok jadinya beli dikamu?

     K     : Iya ini saya tambahin kotak-kado, saya berikan dengan tambah 30.000/pcs. Ini pajangannya lihat. Semua dagangan saya, saya pajang dengan kotak-kado, jadi rapih engga payah buka buka lagi udah ada stikernya dengan kode pilihannya.

     Mil : Lah bukannya jadi tambah biaya jadinya? Wong dia mau nya murah kok. Kamu tambah kotak   jadi tambah dong harganya?? (makin serius)

      K   : Iya saya gunakan kotak tapi saya bebankan lagi ke pembeli, misal saya jual 220.000/pcs, nah klo  dengan plus kotak saya tambah perpcs 30.000, jadi saya jual 250.000/pcs. Tapi pembeli wajib beli 1 seri (x,m,l,xl).

Untuk informasi 1 seri = 6pcs ( seri ukuran tidak bisa dicampur ), dalam memberi 1 seri berarti paham dengan ketentuan umum brp pcs s,m,l, xl. 2 seri berarti 12pcs. Bedanya membeli 2 seri dengan 1 lusin adalah klo seri ikut aturan tidak bisa memilih, sedangkan membeli 2lusin pelanggan bebas memilih s 2pcs, m 4 pcs, l 4pcs, dan xl 2pcs.

Perbedaannya seperti simulasi dibawah ini :

Anda membeli dari distributor wajib berseri misal 10 seri yang tidak boleh anda pilih. Ini ketentuan belanja skala distributor. 10 seri berarti 60pcs baju.

Cuma jika anda mengijinkan pembeli anda membeli lusinan maka anda menghilangkan seri tadi. Itu berarti jualan anda berkurang seri nya. Karena engga semua pedagang butuh S atau XL.

1 Seri = 6pcs jika asumsinya harga perseri 220.000 x 6pcs = 1.320.000 jika ditambah box 30.000/pcs maka anda menjualnya jadi 250.000 x 6pcs = 1.500.000.

1 lusin = 12pcs jika asumsinya anda menjual lusinan seri anda akan hilang pelanggan anda belum tentu mau membeli ukuran yg jarang laku, maka nilai jual anda lebih besar 2.640.000

Namun tidak menggunakan box.

Lalu apa BEDA nya? Menggunakan kotak memang lebih mahal kelihatannya, namun

  1. Saat pembeli tadi bawa pulang ketokonya, dan dia pajang. Maka baju yang lain yg tidak dipajang memakai kotak, kelihatan ekonomis murahnya.
  2. Pembeli tadi ketika sudah menjual barang 2 pcs dari nomor seri tadi pasti dia akan datang secepatnya untuk membeli lagi produk dengan box tadi. Karena cepat laku dan memakai kotak pasti beda dengan tidak.
  3. Bahkan yang telah membeli secara eceran tadi datang lagi dan membeli lagi, kenapa??Dia bilang adik saya pas liat barang yg saya beli mau juga. Cuma gara gara kotak.
  4. Manambah nilai 30.000 itu satu pcs itu jika kita jual dalam satu seri maka barang kita tidak kehilangan calon pelanggan, Maka barang kita ludes terjual.
  5. Umumnya pelanggan besar sudah menghitung kalkulasi seperti sbb:

Harga per seri Rp 1.320.000

Harga seri plus box Rp 1.500.000

Harga perlusin Rp 2.640.000

Harga perlusin plus box Rp 3.000.000

Pertama nilai jual anda bertambah, lihat perbedaan angkanya.

Kedua Apa sulitnya menambah sedikit dari kotak, tapi customer jadi datang lebih sering,  karena laku.

Ketiga, anda menjual plus kotak 30.000 bukan berarti anda pasti menjual tidak ada untungnya. Anda pasti membeli dibawah itu.

Triple Untung.

(ini merupakan hasil testimoni yang kami temukan dan catat oleh pedagang distributor grosir terbesar dijakarta)

 

Write a Reply or Comment

seventeen − fourteen =